Minggu, 30 Agustus 2015

Manfaat Kopi Sebelum Berolah Raga

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan, minum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak. Studi menemukan, atlet yang mengonsumsi kafein sebelum olahraga membakar 15 persen kalori lebih banyak hingga tiga jam setelah olahraga.

Peneliti mengatakan, dosis yang dibutuhkan untuk menghasilkan dampak tersebut adalah 4,5 miligram kafein per kilogram berat badan. Sehingga bagi wanita dengan berat badan 68 kilogram, kira-kira membutuhkan 300 mg kafein atau sekitar 355 mililiter kopi seduh. Berikut manfaat lengkap mengkonsumsi Kopi sebelum berolahraga,

1.Meningkatkan sirkulasi darah
Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa sirkulasi darah pada orang yang minum kopi berkafein sebelum berolahraga mengalami peningkatan sebesar 30 persen selama 75 menit setelah olahraga daripada mereka yang tidak minum kopi atau minum kopi tanpa kafein.

2.Mengurangi nyeri
Para ilmuwan di University of Illinois menemukan bahwa mengonsumsi kopi berkafein dua hingga tiga cangkir satu jam sebelum olahraga intensitas tinggi dapat mengurangi nyeri otot setelah olahraga. Ini menunjukkan bahwa kafein mampu mendorong ketahanan otot dan mengurangi ketegangan di otot.

3.Memperkuat memori atau ingatan
Sebuah penelitian menemukan bahwa kafein meningkatkan memori hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Pada penelitian tersebut, orang yang mengonsumsi kopi berkafein dapat mengingat gambar, bentuk, dan lain esok harinya daripada mereka yang tidak minum kopi.

4.Mempertahankan keremajaan otot
Kafein juga memiliki sifat antioksidan yang mampu mempertahankan keremajaan otot dan menghindari penuaan berlebih pada otot sehingga otot lebih bugar dan terhindar risiko cedera setelah berolahraga. Hal ini dibuktikan dengan adanya efek protektif di kedua otot diafragma dan otot rangka yang digunakan untuk bernapas.

5.Makanan bagi otot
Dibanding mengonsumsi karbohidrat saja, kombinasi antara karbohidrat dan kafein menghasilkan peningkatan 66% pada glikogen otot empat jam setelah olahraga.  Glikogen merupakan bentuk karbohidrat yang disimpan di dalam otot yang berfungsi sebagai energi cadangan selama dilakukannya olahraga, yang dapat menyuplai energi.Shafa's...

1 Comments:

Anonim mengatakan...

bermanfaat gan,.....

Posting Komentar

BELANTARA INDONESIA

by admin :

by admin :
Ponkesdes Sumber Waru. Diberdayakan oleh Blogger.
 
;